Jumat, 26 Oktober 2012

Rajin Sikat Gigi Mampu Mencegah Kepikunan

Menjaga kebersihan mulut tak hanya mampu menambah rasa percaya diri dan rasa nyaman kepada orang yang menjadi lawan bicara kita.
 Menyikat gigi secara teratur merupakan cara yang efektif untuk membuat area mulut terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya demensia. 
Demensia atau umum disebut kepikunan, merupakan keadaan ketika seseorang mengalami penurunan kognitif yang sedemikian berat sehingga mengganggu aktivitas hidup sehari- hari dan aktivitas sosial. Biasanya diawali dengan kemunduran memori atau daya ingat. 

Gejala dini penyakit demensia adalah kesulitan menemukan atau menyebutkan kata yang tepat, tidak mampu mengenali objek dan lupa cara menggunakan benda-benda sederhana. Penelitian yang dilakukan oleh University of California terhadap 5.500 orang selama kurun 18 tahun membuktikan, mereka yang menggosok gigi kurang dari sekali sehari, mempunyai kemungkinan 65% terjangkit demensia dibandingkan mereka yang menyikat giginya tiga kali sehari. Beberapa penelitian juga menemukan orang-orang dengan penyakit Alzheimer, bentuk paling umum dari demensia, memiliki penyakit gusi yang terkait bakteri dalam otak mereka daripada yang lain.

Diperkirakan bakteri penyakit gusi menyebabkan peradangan dan kerusakan ketika mencapai otak. Penelitian ini bukan yang pertama untuk menghubungkan kesehatan mulut yang buruk dengan kondisi kesehatan. Penelitian sebelumnya menyebut orang-orang dengan penyakit gusi lebih rentan untuk menderita penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Jadi, rajinlah menggosok gigi anda secara teratur dan tentunya hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang berdampak negatif terhadap kesehatan mulut anda. Karena kesehatan mulut, merupakan salah satu faktor penting terhadap stabilitas syaraf otak dan organ-organ tubuh lainnya.

Read more at http://uniqpost.com/45285/rajin-gosok-gigi-mampu-cegah-kepikunan/#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar