Sabtu, 18 Februari 2012

Cara Membuat Font Sendiri Dengan Cara Online

 Fonstruct

1. Kunjungi www.Fontstruct.com
 

Fonstruct adalah aplikasi dari sebuah web, yang merupakan tempat untuk menciptakan font. Kita harus mendaftar dulu, mempunyai akun di situs ini sebelum membuat font.
Penggunaan Fontstruct ibarat kita menggambar di MS Paint. Kita membuat font menggunakan "batu bata" yang pada dasarnya stensil untuk mendesain font.

Ada puluhan batu bata yang bisa kita pilih dan masing-masing dapat menghasilkan bentuk yang unik untuk membuat jenis huruf sendiri yang kita inginkan.

Beberapa alat dasar tambahan mencakup garis, penghapus / pembuat persegi panjang dan utilitas panning untuk membiarkan kita membuat font secara akurat dan profesional.

Di situs ini kita bisa membuat huruf / simbol dalam bahasa apa pun. Kita bebas memilih model untuk membuat font. Web ini memiliki "slot" yang ditunjuk untuk membantu kita melacak apakah huruf yang kita buat mirip dengan font milik orang lain.

Salah satu fitur yang lebih keren, di Fontstruct berisi model karakter yang sesuai dengan lebih dari 20 bahasa yang berbeda. Kita bisa membuat font untuk susunan huruf dalam bahasa yang berbeda.
Sementara kita sedang menciptakan karya kita, Fontstruct juga memungkinkan kita mengetik dan menguji apa yang telah kita buat dalam waktu sementara, yang tentunya fitur ini berguna bagi pemula seperti saya.


FontForge


Jika Anda ingin membuat font dengan menggunakan software, bisa menggunakan FontForge. Ini adalah software GRATIS yang sangat baik untuk membuat font.

Software ini sedikit lebih canggih bila dibandingkan dengan Fontstruct, dan juga dipenuhi dengan pilihan dan alat-alat.
Kita bisa membuat font mulai dengan membuat bitmap "glyphs" karakter dan simbol yang dapat dicetak dan dikerjakan ulang sesuai dengan desain yang kita inginkan.

FontForge kompatibel dengan beberapa format font, termasuk TrueType dan OpenType.

Saya juga merekomendasikan pembaca blog sy ini sekalian, untuk membaca tutorial ini, klik di sini untuk mempelajari software ini, namun dalam bahasa inggris lho ya... ^^

Sayangnya, program ini sangat cocok untuk Sistem Operasi Komputer Mac dan Linux, untuk Windows ® kita juga harus menginstall Cygwin, klik di sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar